KAMPUNG INSPIRATIF YANG WAJIB DIKUNJUNGI KETIKA KE JOGJA

Kalian tahu nggak sih kampung inspiratif jogja? Bagi yang ingin ngepoin, jogjakita.net beri ulasan artikel mengenai hal tersebut. 

Banyak yang bilang jogja adalah kota yang wajib dikunjungi ketika menghabiskan waktu liburan setelah Bali. Alasan wisatawan berkunjung ke Kota Gudeg inipun variatif. Beberapa dari mereka mengatakan bahwa Jogja memiliki panorama alam yang indah. Dengan perpaduan antara alam dan lautnya sangat eksotis yang membuat siapapun betah untuk berlama-lama di Kota ini. Beberapa yang lain, menganggap bahwa Jogja adalah kota inspiratif. Banyak inspirasi yang didapatkan setelah berkunjung ke sini.

Julukan Jogja sebagai kota nyaman bisa dipastikan tidak hanya sebagai slogan saja. Hal tesebut terasa semakin tahun, semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini bahkan tidak sedikit dari mereka juga yang memilih menetap di sini. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin macet kondisi jalan akibat banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang pastinya juga bertambah jumlah penduduk dan wisatawan.

Jika berbicara Jogja tidak afdhol jika kita mengunjingkan beberapa kampung inspiratif Jogja. Yang barangkali bisa menjadi list bagi wisatawan yang berkunjung. Menurut penulis, kampung tersebut wajib untuk dikunjungi dengan beberapa inspirasi di dalamnya.

3 KAMPUNG INSPIRATIF JOGJA

1. Kampung Wisata Dipowinatan

Selain wisata Jogja juga dikenal sebagai daerah yang memiliki tata sosial yang bagus. hal tersebut dikarena daerah ini masih terdapat Kraton sebagai simbol masyarakatnya. Budaya Kraton yang penuh dengan etika (tata krama) menambah keistimewaan kota ini. Masyarakatnya dikenal ramah-ramah dan mempunyai tata sosial yang bagus. Kampung Wisata Dipowinatan adalah salah satu kampung yang masih memegang erat budaya tersebut. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan mendalami budaya jawa dengan baik dan benar. Kampung ini menjadi rekomendasi yang tidak bisa ditinggalkan. Wisatawan yang berkunjung kesini tidak hanya diajarkan terkait dengan teori jawa, tetapi juga langsung praktek ke lapangan. Letaknya berada di Keparakan, Kecamatan Mergangsang, Yogyakarta.

2. Kampung Wisata Tahunan

Bagian kalian yang pecinta batik, Kampung Wisata Tahunan adalah tempat yang wajib kalian kunjungi. Di Kampung ini kalian tidak hanya dimanjakan dengan keindahan batik yang dapat dijadikan sebagai cendramata. Kalian juga dapat belajar membuat batik langsung dan dibimbing oleh pembatik yang profesional. Siapa tahu, setelah kalian pulang dari sini. Kalian bisa membuat perusahaan batik sendiri. Lokasinya berada di Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

3. Kampung Wisata Lampion

Satu lagi nih, kampung inspiratif jogja yang wajib kalian kunjungi. Ya! Kampung Wisata Lampion. Kampung ini berada di bantaran Kali Code, Kotabaru, Yogyakarta. Sekilas jika kalian mendengar bantaran kali (sungai). Sudah tentu yang terbesit dalam pikiran adalah sebuah perkampung kumuh yang diisi oleh orang-orang nakal.

Pemandangan tersebut tidak akan kalian temukan ketika berkunjung ke kampung ini. Kampung ini sangatlah indah dengan artistik (mural) seni yang penuh makna. Belum lagi, hiasan lampion yang memenuhi kampung yang memanjakan mata pengunjung untuk betah berlama-lama di kampung ini. hanya sekedar menghabiskan waktu malam minggu sama pacar atau menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Tidak hanya itu, setiap pengunjung yang hadir pada setiap malam minggu. Akan dihibur kesenian rakyat, musik rembol, teater rakyat dan tentunya jajanan rakyat khas Jogja.

Bagi kalian yang ingin ngepoin bisa difollow instagramnya @kampunglampioncode18 atau kunjungi langsung di Ledok Code Rt 18/04, Kotabaru, Yogayakarta. Belakang Masjid Syuhada, dekat dengan Maliobro, dan Tugu Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *