Trending Wisata

5 WISATA EDUKASI JOGJA

5 WISATA EDUKASI JOGJA

Tahu gak sih terdapat banyak wisata edukasi jogja yang menerik untuk dikunjungi. Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Salah satu hal yang paling diminati seseorang jika beban kerja atau tugas banyak adalah rekreasi. Rekreasi merupakan sarana relaksasi, untuk mengembalikan jiwa dan raga seseorang menjadi lebih segar dari beban yang menumpuk. Upaya tersebut dilakukan agar jiwa dan raga dapat bekerja lebih optimal.

5 Wisata Edukasi Jogja Yang Wajib Kamu Ketahui

Agar rekreasi anda tidak menjadi sebuah tindakan yang sia-sia. Berikut adalah daftar wisata edukasi Jogja yang menawarkan sisi berbeda dari biasanya. Tentunya, wisata tersebut mempunyai nilai edukasi yang nantinya dapat dikembangkan oleh wisatawan.

1. Desa Wisata  Manding

Manding merupakan desa penghasil kerajinan tangan yang ada di Bantul. Tepatnya di jalan Parangtritis KM 11. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jogja. Wisatawan yang berkunjung di desa ini dapat memberikan cendramata yang dihasilkan oleh masyarakat. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat belajar membuat kerajinan tangan. Tentunya, ilmu yang diperoleh nantinya dapat dikembangkan oleh wisatawan.

Yang tidak kalah penting dari itu, Wisata di Manding ini hanya membutuhkan biaya yang sangat murah.

3.Desa Wisata Banyusumurup

Bagi kalian yang ingin berwisata sekaligus belajar lebih banyak tentang budaya jawa selain di Kraton Ngayogyakarto. Desa Banyu Sumurup adalah salah satu tempat yang tepat untuk belajar. Desa ini terletak di Kabupaten Gunungkidul. Masyarakat desa ini mayoritas adalah pengrajin keris.

Seperti yang kita kenal sebelumnya, keris merupakan salah satu senjata yang digunakan masyarakat jawa dalam melawan penjajah. Hingga saat ini keris menjadi kebudayaan yang tidak dapat ditinggalkan oleh masyarakat jawa. Di desa tersebut tentunya, kita dapat belajar lebih jauh persoalan keris. Mulai dari sejarah hingga latar filosofisnya.

3. Desa Wisata Krebet

Selain wisata, Jogja juga dikenal sebagai kota penghasil batik terbaik di Indonesia. Tentu label tersebut juga diaminkan oleh masyarakat dunia. Batik juga menjadi salah satu cendramata yang tidak dapat ditinggal apabila ingin keluar dari kota ini.

Kebetulan Desa Wisata Krebet adalah salah satu desa yang menawarkan dua hal sekaligus yaitu, batik dan wisata. Yang mana wisatawan dapat belajar membatik dan sekaligus membeli cendramatanya. Label Wisata Edukasi pun kerap disematkan di desa tersebut.

Hal yang unik lagi dari desa ini adalah batik yang ditawarkan mereka bukan dikebaya sebagai mana mestinya. Tapi, wisatawan diajak membatik di kayu, sebagai gantungan kunci, topeng, dan kerajinan kayu lainnya.

Lokasinya berada di Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Pokoknya sensi liburan dapat dirasakan di sini, dan pastinya pengunjung akan betah dengan service yang diberikan.

4. Kampung Wisata Lampion

Kampung Lampion menjadi destinasi wisata yang wajib di kunjungi oleh wisatawan. Letaknya berada di tengah Kota Jogja, belakang Masjid Syuhada. Kampung ini menawarkan bentuk wisata yang berbeda dari wisata yang ada di Kota Jogja. Letanya yang berada di pinggiran kali menambah eksotis kampung.

Setiap malam gemerlap lampion memenuhi kampung, yang tentunya hal tersebut menambah cantiknya kampung dan pastinya lebih enak untuk dinikmati. Selain itu, biaya wisata di kampung ini sangatlah murah.

Bagi yang ingin belajar lebih jauh tentang pembuatan lampion. Kampung ini juga menawarkan paket wisata yang masuk di dalamnya pembuatan lampion. Wisatawan akan diajari pembuatan lampion sampai bisa oleh mentor yang ahli tentunya.

5. Desa Wisata Kebon Agung

Bagi yang jenuh dengan suasana pantai, Wisata Kebon Agung bisa menjadi alternative pilihannya. Wisata ini menawarkan panorama sawah. Tak hanya itu wisatawan juga bisa belajar dalam pengelolaan sawah seperti tandur, matun, dan panen. Letaknya berada di Kecamatan Imogiri, Bantul.

Berikut merupakan wisata jogja yang mempunyai nilai lebih, tidak hanya menghilang penat yang memenuhi isi kepala namun juga bisa menambah wawasan anda. Siapa tahu, setelah anda berkunjung ke wisata ini mempunyai ide-ide kreatif dan mengembangkan wisata yang ada di tempat kalian masing-masing. Dan tentunya bisa menambah nilai guna dan kebermanfaatan orang lain. Mantap kan teman-teman !!

Post Comment