Wawasan

SHEILA ON 7, KELOMPOK MUSIK LEGENDARIS ASLI YOGYAKARTA

SHEILA ON 7, KELOMPOK MUSIK LEGENDARIS ASLI YOGYAKARTA

Siapa tak kenal Sheila On 7, band asli Yogyakarta yang hingga detik ini masih eksis di jagat musik nasional. Kelompok musik berzodiak Taurus ini dalam setiap pertunjukannya tidak pernah sepi penonton. Duta, yang berada di posisi vokal sejak berdirinya band ini, selalu tampil prima di setiap konsernya. Lahir pada dekade akhir abad ke-19, Sheila On 7 termasuk band yang konsisten dalam berkarya, tercatat, talah menelurkan sebelas album selama perjalanan musiknya, setidaknya hingga tahun 2019.

Awal abad ke-20 mungkin adalah masa keemasan Sheila On 7. Sebab, pada masa itu, sebagai pendatang baru mereka mendapatkan catatan manis dalam dua album awalnya. Bahkan di album perdana, grup ini mampu menjual lebih dari satu juta keping.

Sheila On 7 juga telah menorehkan segudang penghargaan, salah satunya, penghargaan Platinum dari Sony Music atas prestasi penjualan album rekamannya yang mencapai angka satu juta kopi tersebut. Kedaulatan Rakyat edisi, 10 Agustus 2000, mencatat, sejak kemunculannya, nama Sheila On 7 melejit lewat lagu-lagu seperti “Dan”, Kita”, “Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki”, dan “Perhatikan Rani”.

Mereka adalah kelompok yang dapat kita contoh. Setidaknya, untuk orang-orang Jogja—kota kelahiran band fenomenal ini. Sheila merupakan representasi dari semangat dan gairah kreativitas darah muda saat itu. Mungkin, generasi kiwari lebih mengenal Rich Brian, namun, saya masih yakin, gaung Sheila On 7 akan tetap menggema dalam sejarah permusikan nasional. Sebagai kelompok musik yang lahir dari, Yogyakarta, daerah yang jauh dari Ibu Kota, Sheila On 7 adalah salah satu nyala api generasi pop era 2000-an.

Penulis: Zaim Yunus

Sumber:

Arsip Kedaulatan Rakyat edisi Kamis, 10 Agustus 2000

Arsip Bernas edisi Jumat, 22 Desember 2000

Post Comment